Definisi PHP , XAMPP dan Instalasinya

 

 

A. Pengertian PHP

PHP merupakan singkatan dari "PHP: Hypertext Preprocessor", adalah sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian besar sintaks mirip dengan bahasa C, Java, asp dan Perl, ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik. Tujuan utama bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web untuk menulis halaman web dinamik dengan cepat.

B. Kelebihan PHP

Pada saat ini bahasa PERL dan CGI sudah jauh ketinggalan jaman sehingga sebagian besar designer web banyak beralih ke bahasa server-side scripting yang lebih dinamis seperti PHP.
Seluruh aplikasi berbasis web dapat dibuat dengan PHP. Namun kekuatan yang paling utama PHP adalah pada konektivitasnya dengan system database di dalam web. Sistem database yang dapat didukung oleh PHP adalah :
1. Oracle
2. MySQL
3. Ms. Access
4. Sybase
5. PostgreSQL
6. dan lainnya
PHP dapat berjalan di berbagai system operasi seperti windows 98/NT, UNIX/LINUX, solaris maupun macintosh. Keunggulan lainnya dari PHP adalah PHP juga mendukung komunikasi dengan layanan seperti protocol IMAP, SNMP, NNTP, POP3 bahkan HTTP

C. INSTALASI WEBSERVER

Web server merupakan server internet yang mampu melayani koneksi transfer data dalam protocol HTTP. Web server merupakan hal yang terpenting dari server di internet dibandingkan server lainnya seperti e-mail server, ftp server ataupun news server. Hal ini di sebabkan web server telah dirancang untuk dapat melayani beragam jenis data, dari text sampai grafis 3 dimensi. Kemampuan ini telah menyebabkan berbagai institusi seperti universitas maupun perusahaan dapat menerima kehadirannya dan juga sekaligus menggunakannya sebagai sarana di internet.

Web server juga dapat menggabungkan dengan dunia mobile wireless internet atau yang sering di sebut sebagai WAP (wireless Access Protocol) yang banyak digunakan sebagai sarana handphone yang memiliki fitur WAP. Dalam kondisi ini, webserver tidak lagi melayani data file HTML tetapi telah melayani WML (wireless Markup Language)
Salah satu software yang kita rekomendasikan dan sudah digunakan oleh SMADA selama 4 thn lebih adalah Appserv versi 2.5.4a. Software tersebut dapat kita download secara gratis pakai google dengan kata kunci “appserv-win32-2.5.4a.zip” merupakan software open source yang sekarang ini sudah merebut pasar dunia lebih dari 50%. Web server ini fleksibel terhadap system operasi windows9x/NT. Bagi pengguna linux dapat memanfaatkan Lampp.

D. Instalasi

Setelah kita berhasil mendownload Appserv versi 2.5.4a. Software ini bentuknya application, sehingga kita bisa langsung menginstalnya seperti software lainnya.
Setelah kita berhasil menginstalnya, jika kita tidak melakukan perubahan directory ketika menginstalnya maka software tersebut akan otomatis tersimpan di directory “c:\appserv\”, pilih typical, server name pilih localhost, username isikan root, password kosongkan.

E. Test Server
Setelah selesai install server, buka internet Explorer, pada address ketikkan localhost, maka akan tampil banyak link, yang terpenting adalah link phpmyadmin yang biasa digunakan untuk mengatur (dump) database.


F. Latihan Scripting PHP

Sebelumnya, gunakan windows Explorer, masuk directory “c:\appserv\www\ “ hapus semua file di directory ini ( kecuali directory phpmyadmin ).

Bicara mengenai php programming, tentunya kita tidak akan terlepas dari yang namanya penggunaan database. Kita bisa menggunakan berbagai aplikasi database yang telah banyak tersebar diinternet dan dapat kita unduh kapanpun kita perlukan. Untuk dapat menjalankan web application dengan php, selain appserver yang telah direkomendasikan oleh pak admin, kita juga dapat menggunakan XAMPP.

Dan... apa itu XAMPP?

XAMPP adalah suatu program untuk aplikasi Web Server yang berisi PHP, MySQL, Apache dan PHPMyAdmin. Dengan program ini kita tidak perlu susah payah install satu persatu. Jadi lebih mudah bukan Wink. Saya juga menggunakan XAMPP untuk membuat my personal website sebagai bahan tugas akhir saya.

Dan untuk instalasinya saya masih menggunakan OS windows XP, namun bila ingin tau bagaimana caranya untuk dapat menginstal XAMPP pada linux OS, disini akan saya berikan sedikit sharingan artikelnya :

Instalasi XAMPP pada Linux Operating System:

1. Langkah Pertama Download xampp
Anda bisa mendownload xampp pada link berikut:

http://nchc.dl.sourceforge.net/sourceforge/xampp/xampp-linux-1.5.3a.tar.gz

atau

http://nchc.dl.sourceforge.net/sourceforge/xampp/xampp-linux-1.5.3a.tar.gz

2. Langkah Kedua Installasi
- masuk ke Linux Sell dan login sebagai root.
- extract file hasil download tersebut ke direktori /opt :
#tar xvfz xampp-linux-1.5.3.tar.gz -C /opt

3. Langkah Ketiga Start xampp
Untuk memulai XAMPP tinggal panggil melalui perintah :
#/opt/lampp/lampp start
Maka akan muncul tampilan : Starting XAMPP 1.5.3…
LAMPP: Starting Apache…
LAMPP: Starting MySQL…
LAMPP started.Ready. Apache and MySQL are running

4. Langkah Keempat adalah tinggal Test
Buka browser anda dan ketikan : http://localhost dan akan muncul tampilan pertama dari xampp.
Definisi PHP , XAMPP dan Instalasinya 4.5 5 Unknown   A. Pengertian PHP PHP merupakan singkatan dari "PHP: Hypertext Preprocessor", adalah sebuah bahasa scripting yang terpasang ...


4 comments:

  1. Mantap gan sangat membantu, mampir juga Mbedudul.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. PHP = personal homepage ..

    mampir sob : http://umbulkom.blogspot.com/

    ReplyDelete

Subscribe Via Email

Subscribe to our newsletter to get the latest updates to your inbox. ;-)

Your email address is safe with us!