Sebagian besar literatur menggunakan istilah administrasi perkantoran dan manajemen perkantoran dengan pengertian yang
sama. Hal ini dipertegas oleh pernyataan PBB (1969), bahwa keduanya
sama, walaupun istilah administrasi lebih banyak digunakan untuk hal-hal
yang berhubungan dengan negara, sedangkan manajemen lebih banyak berhubungan dengan perusahaan.
Berikut ini adalah Pengertian Administrasi (manajemen) perkantoran menurut beberapa ahli:
# WH EVANS
Administrasi perkantoran merupakan fungsi yang menyangkut manajemen dan pengarahan semua tahap operasi perusahaan mengenai pengolahan bahan keterangan, komunikasi, dan ingatan organisasi
# ARTHUR GREGER
Administrasi perkantoran merupakan fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat dari suatu organisani
# WILLIAM LEFFINGWELL & EDWIN ROBINSON
Administrasi perkantoran merupakan cabang ilmu manajemen yang berkenaan
dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan, dan dimana pekerjaan itu harus dilakukan.
# GEORGE TERRY
Administrasi perkantoran merupakan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan
# Dra. SUPARJATI
Administrasi perkantoran adalah proses kerja sma di dalam kantor untuk
mencapai tujuan kantor yang telah ditetapkan sebelumnya dengan
melaksanakan fungsi-fungsi manajemen
Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan
Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi :
catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan ketik-mengetikm agenda
dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.
Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.
Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.
Ciri-ciri administrasi
- Kelompok yang terdiri atas 2 orang atau lebih.
- Kerjasama
- jelek
- Bimbingan
- Tujuan
Tahap perkembangan ilmu administrasi
- Tahap survival (1886 - 1930)
- Tahap konsolidasi dan penyempurnaan (1930 - 1945)
- Tahap “human relation” (1945 - 1959)
- Tahap behaviouralisme (1959 – sekarang)
Jenis Administrasi
- Administrasi publik
- Administrasi lingkungan hidup
- Administrasi negara
- Administrasi niaga
- Administrasi pembangunan
- Administrasi kependudukan
- Administrasi keuangan
- Administrasi pendidikan
Sumber Wikipedia+lain lain ^_^
Jngan Lupa Komentar nya ya kawan ....
No comments:
Post a Comment