Tips Menghadapi Ulangan Semester

 



 Selamat sore sobat :) Kali ini saya akan berbagi info tentang Tips Menghadapi Ulangan Semester

1. Berdoa dan Belajar

Berdoa sebelum ulangan adalah hal yang wajib dan pertama yang harus kita lakukan. Ya, kita sadar bahwa memang apapun itu jika diawali dengan doa hasilnya akan lebih optimal, percayalah akan kekuatan doa...!! Dan jika kita sudah berdoa, selanjutnya sudah tentu kita harus belajar. Disini belajar tak perlu yang muluk-muluk artinya cukup beberapa menit atau maksimal 1 jam saja (biar gak terlalu stress :D) dan saya sarankan waktu yang paling baik untuk belajar adalah setelah sholat subuh.

2. Minta Kisi-Kisi

Nah, sebelum ulangan hendaknya kita minta dulu Kisi-Kisi kepada guru kita sehingga kita mempunyai pandangan mana yang harus kita utamakan dalam belajar. Tentu saja jika kita dapat kisi-kisi waktu belajar dan pikiran kita akan lebih efisien dibandingkan kita harus belajar semua materi yang ada di buku LKS ataupun buku catatan.

3. Kerjakan Uraian terlebih dahulu

Pada saat akan mengerjakan ulangan, sebaiknya kita utamakan yang uraian dulu. Kenapa ?? Karena nilai di uraian jauh lebih banyak daripada di Pilihan Ganda meskipun jumlah soalnya hanya sedikit. Selain itu saya yakin waktu kita akan terkuras jika kita dahulukan yang Pilgan. Nah, di Uraian ini jikalau kita tidak bisa menjawab atau kita lupa jawabannya saran saya tetap isi meski hanya menuliskan soalnya kembali karena itupun sudah akan mendapat nilai. Intinya jangan sampai ada yang kosong di Uraian.

4. Jangan buka buku setelah ulangan

Setelah ulangan saran saya jangan membuka buku Catatan atau LKS untuk melihat apakah jawaban yang kita tulis tadi benar atau salah. Ya, jika kita membuka buku dan mendapati jawaban kita tadi salah tentu akan berpengaruh terhadap psikologis kita untuk ulangan mapel berikutnya. Yang harus kita lakukan adalah optimis saja bahwa jawaban kita tadi benar.

5. Pelajari bab/bagian materi yang paling kamu suka Pasti ada lah.. 1, 2 materi atau bab yg ditresnani? Biasanya kalo kita belajar bab yang kita sukai, nantinya kita bakal mudeng, nah dari mudeng kita bakal dapet yang namanya rasa asyik, nah rasa asyik ini bisa jadi stimulus dahsyat untuk melangkahkan otak ke bab berikutnya.

6. Belajar dibikin santai. Ngga usah gemrungsang ini nih yang jadi masalah kalo udah mepet waktu. Bawaannya gemrungsang ora karuan! kita jamin, otak ga bakal konek dalam keadaan kaya gini. Lu mau masukin materi segampang apapun kalo keadaan lagi ngga kondusif ntar jatohnya juga ga bakal masuk. Apalagi teori yg multicomplicated? ahhh tewas!

7. Belajar semampunya, ngga usah maksa!
kalo kita belajar pake sistem wayangan, resiko yang bakal kita peroleh adalah ngga semua materi bakal selesi di pelajarin dalam waktu semalem. Pasti. Nah maka dari itu, mending kita pelajarin matang-matang beberapa materi aja. Sebelumnya kita kalkulasikan dulu target minimal yang harus dicapai. Yang penting nyampe target dulu. Urusan diluar target, kita namakan bonus nile. Entah dari mana asalnya. Sekreatif sobat cara dapet jawabannya.

semoga bermanfaat ya sobat :)
Tips Menghadapi Ulangan Semester 4.5 5 Sofyan Sauri  Selamat sore sobat :) Kali ini saya akan berbagi info tentang Tips Menghadapi Ulangan Semester 1. Berdoa dan Belajar Berdoa sebelum ...


No comments:

Post a Comment

Subscribe Via Email

Subscribe to our newsletter to get the latest updates to your inbox. ;-)

Your email address is safe with us!