Macam-Macam Batik Indonesia

 

Kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang Macam macam Batik yg ada di INDONESIA

Batik adalah salah satu warisan budaya leluhur, dan kita patut bangga karena banyak macam-macam motif yang terdapat di Indonesia. Dan sekarang ini batik memiliki berbagai corak yang sangat beragam, dan saat ini bukan hanya dibuat untuk kain saja melainkan juga berbagai barang hal seperti jaket, sepatu, sarung kering, bahkan boneka..

Dahulu batik dibuat dalam bahan berwarna  putih yang terbuat dari kapas (kain mori) . Sekarang ini semakin berkembang dengan bahan-bahan semacam sutera, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik sendiri dibentuk dengan cairan lilin yang menggunakan alat bernama canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, dengan demikian maka cairan lilin dapat meresap ke dalam serat sebuah kain. Setelah itu, kain yang sudah berhasil dilukis dengan lilin tadi, lalu dicelup dengan warna yang diinginkan oleh si pembuat, biasanya dimulai dengan warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Kemudian Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia dengan tujuan melarutkan lilin.

Dan berikut adalah macam macam batik berdasarkan motif/corak


Batik Kraton

batik-kraton


Batik Pringgondani



Batik Sekar Jagad



Batik Sudagaran

batik-sudagaran


 Batik Petani

batik-petani


Batik Sida Luhur



Batik Yogyakarta

batik-yogyakarta


Batik Solo

batik-solo


Batik Cirebon


batik-cirebon


Batik Betawi

batik-betawi

Batik Madura

batik-madura


Batik Kalimantan

batik-kalimantan

 Batik Bali

batik-bali


Hehehe Itu  Sedikit macam macam batik yg bisa  saya bagikan
masih banyak macam macam batik & budaya indonesia...
Bangga lah kau wahai pemuda indonesia ^_^
Macam-Macam Batik Indonesia 4.5 5 Unknown Kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang Macam macam Batik yg ada di INDONESIA Batik adalah salah satu warisan budaya leluhur, dan kit...


No comments:

Post a Comment

Subscribe Via Email

Subscribe to our newsletter to get the latest updates to your inbox. ;-)

Your email address is safe with us!